Nice Home Work #1 Adab Menuntut Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim,

Minggu pertama kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional (MIIP) batch #4 dimulai dengan materi Adab Menuntut Ilmu. Setelah fasilitator sharing materi dan berlanjut dengan diskusi yang dipandu oleh koordinator minggu 1 (korming 1, kebetulan saya sendiri), maka tugas diumumkan. Tugas yang dinamai NHW ini merupakan sarana untuk mengikat ilmu yang diterima agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan CaIP (Calon Ibu Profesional). Untuk materi dan diskusi lengkap tidak bisa saya share disini karena akan lebih baik dan pastinya lebih “nancep” bin “makjleb” kalau mengikuti sendiri rangkaian kegiatan matrikulasi.

Baiklah, ini jawaban atas pertanyaan NHW ala saya. Bukan salah atau benar yang dicari karena apa yang ditulis nantinya hanya diri ini dan Illahi yang mengetahui.

PhotoGrid_1494867918487.jpg

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Ilmu dalam kehidupan ini banyak sekali tentunya, dan pastinya banyak juga yang ingin dipelajari. Apalagi karakter saya yang tidak pernah puas, selalu dan selalu ingin belajar. Meski kebanyakan orang bilang bahwa “dokter” itu sudah “pinter” tapi saya merasa bahwa untuk mengarungi kehidupan tidak bisa hanya dengan ilmu kedokteran saja, apalagi sekarang saya rehat dari dunia yang banyak menjejali otak saya dengan ilmunya. Kalau disuruh belajar lebih dalam lagi dan lagi untuk saat ini saya ingin memperdalam ilmu parenting.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Karena saya adalah seorang ibu yang menjadi madrasah pertama dan utama bagi anak-anak saya, maka saya harus belajar banyak tentang ilmu pengasuhan anak (parenting). Lagipula ilmu parenting mencakup ilmu-ilmu lain, seperti: agama, memasak, menjahit, bahasa, matematika, olahraga, seni rupa, dan masih banyaaak lagi yang selain bisa saya manfaatkan ke dalam keluarga inti saya juga bisa saya share ke masyarakat. Selalu terngiang bahwa ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh/ah termasuk salah dua dari tiga amalan yang pahalanya tak terputus kelak. Maka, dengan mempelajari ilmu parenting dan menerapkannya dengan baik maka insyaAllah sudah dapat 2 amalan tersebut. Betul bukan?

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Strategi saya salah satunya ikut di program matrikulasi IIP dan kalau bisa naik ke kelas-kelas berikutnya agar bisa setidaknya menjadi ibu yang lebih baik (terlalu berlebihan bila saya meng klaim diri sebagai ibu profesional), ikut seminar tentang parenting, membaca buku tentang parenting, juga belajar ilmu lain yang berkaitan dengan parenting melalui media apapun yang bisa saya tempuh sembari mengasuh.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
Perubahan sikap yang perlu saya perbaiki:
♤ adab terhadap diri: lebih menjaga niat, selalu beristighfar serta memaafkan untuk mensucikan hati (tadzkiyatun naffs) dari segala niat dan pikiran buruk, lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh lagi agar hijab hati terbuka untuk menerima “ilmu”
♤ adab terhadap guru: lebih memperhatikan untuk masalah penyebaran ilmu. Biasanya main copas saja, mulai sekarang harus memberi nama sumber (guru) di setiap tulisan copas yang dibuat.
♤ adab terhadap sumber ilmu: lebih menelaah sumber ilmu apakah valid untuk dicerna atau tidak karena kadang suka percaya saja tulisan di media online tanpa sumber berita.

♡Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia♡

Leave a Reply

