Agenda Kegiatan Kelas Jakarta 1 Matrikulasi Ibu Ibu Profesional (MIIP) Batch #4

Bismillahirrahmanirrahim…

Sudah sejak lama sebenarnya saya ingin bergabung dengan komunitas IIP dan mendapatkan ilmu darinya. Namun karena selalu ketinggalan “kereta” baru kali ini bisa. Itupun karena saya bergabung dengan komunitas Homescooling Rumah Inspirasi dan ada yang nyebar info di forum jadi Alhamdulillah bisa ikutan. Tergabunglah saya di salah satu kelompok Jakarta dari tiga kelompok yang ada. Satu kelompok terdiri dari 72 caip (calon ibu profesional hehe..) yang semoga sampai akhir juga segitu jumlahnya. Mulanya, Fasilitator yang ditunjuk mendampingi kelas kami meminta kami menunjuk diri mengisi pejabat kelas. Ada 10 rekruitment i.e ketua kelas, dan 9 koordinator mingguan (korming) karena kelas akan berlangsung selama 9 minggu dengan 9 materi sebagai berikut:
*Senin, 15 Mei 2017 jam 08.00*
“Materi Adab Menuntut Ilmu”
*Selasa, 23 Mei 2017 jam 08.00*
Materi [Overview Ibu Profesional]
“Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga”
*Selasa, 30 Mei 2017 jam 08.00*
Materi (Bunda Sayang)
“Membangun Peradaban dari dalam Rumah.”
*Selasa, 6 Juni 2017  jam 08.00*
Materi [Bunda Sayang]
“Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani.”
*Selasa, 13 Juni 2017 jam 08.00*
Materi [Bunda Cekatan]
“Ibu Manajer Keluarga”
*Libur jeda Lebaran: 19 Juni – 2 Juli 2017*
*Selasa, 4 Juli 2017 jam 08.00*
Materi [Bunda Cekatan]
“Belajar Bagaimana Caranya Belajar”
*Selasa, 11 Juli 2017 jam 08.00*
Materi [Bunda Produktif]
“Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari”
*Selasa, 18 Juli 2017 jam 08.00*
Materi [Bunda Produktif]
“Menemukan misi spesifik hidup”
*Selasa, 25 Juli 2017 jam 08.00*
Materi [Bunda Shaleha]
“Ibu sebagai Agen Perubahan”
🎓 Pengumuman Kelulusan tanggal 17 Agustus 2017.

Dari 9 korming saya menunjuk diri sebagai korming 1, awalnya mau nulis di kolom ketua kelas. Ee ngetiknya barengan sama Mba Ami dan keduluan enternya.. yasudah langsung tulis di kolom Korming 1. Tugas ketua kelas lebih gampang dari korming. Korming itu yang bakal ngumpulin tugas caip ke fasilitator, dll yang akan saya jabarkan di bawah. Eh ya ceritanya dulu dulu sih banyak yang kabur di tengah jalan karena ngga kuat terpaan tugas. Haduh saya besok bagaimana yak.. Bismillah aja.. semoga berkah. Syarat kelulusan adalah mengerjakan 7 dari 9 tugas dari 9 materi mingguan. Tugas itu disebut NHW (Nice Home Work). Kenapa disebut tugas rumah yang baik? Karena insyaa Allah bisa membawa perbaikan pada diri kita bila kita mengerjakan dengan sepenuh hati (nah ini yang kayaknya bakal berat dan susyah.. Bismillah sekali lagi). Itulah rata-rata tujuan para perempuan baik yang sudah jadi ibu maupun yang belum menikah bergabung disini. Tugas yang dikumpulkan harus berupa link. Jadi pelajaran pertama kemarin adalah belajar membuat link. Belajar bersama, bersama belajar di kelas yang operasionalnya via aplikasi WhatsApp (WA). Begitu kerennya jaman sekarang cari ilmu dan share bersama bisa hanya dengan mantengin layar smartphone. MasyaaAllah…

Link bisa dari Google Docs, Notes  Facebook, timeline Facebook, Blogg, Thumblr, dan lain-lain yang bisa dibuat link. Saran terbaik kerjakan via blog. Biar blog yang sudah dipunya tidak jadi sarang laba-laba (kata Mba fasilnya.. hehehe..). Kemudian sharing link via thread yang dibuat di wall Facebook group. Group ini bersifat tertutup. Apabila tidak punya Facebook tidak juga perlu kuatir. Korming bisa melakukan tugas sharing ini. Kalau selama perjalanan ada pertanyaan terkait materi korming juga tempat menampung pertanyaan dan melempar pertanyaan tersebut ke mba fasilnya. Materi dan diskusi pun tugas korming untuk meresume serta meng-share hasil resume ke group Fb untuk dipantau Observer pusat.

Yang menunjuk diri sebagai korming siap-siap gulung koming selama seminggu dah..  hehehe… tapi seru juga kayaknya. Pejabat kelas lebih banyak belajar lho karena ada group terpisah bagi pejabat kelas. Dan disitu sering ada diskusi pendahuluan atau pengakhiran. Ehh…

Jadi… Bismillah saya memulai “perkuliahan” saya di IIP dan akan mengerjakan NHW saya via blog ini. Semoga apa yang saya lakukan membawa berkah bagi saya, keluarga, lingkungan terdekat saya, dan pembaca setia blog Ayuseite. Aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: