Resume Buku Anak Juga Manusia (4)

KEKUATAN KATA-KATA

@anakjugamanusia Banyak orangtua membentak anak agar kata-katanya didengar. Coba nyalakan TV dengan suara keras. Enak tidak didengar? Tidak enak bukan?

@anakjugamanusia Mendidik adalah membantu anak berproses menjadi dewasa. Untuk itu kita perlu menjadi dewasa lebih dulu. Jika kita masih suka marah-marah, membentak-bentak, teriak, mengolok jika kita kesal dewasakah itu?

Lantas apakah kita tidak boleh kesal? Tentu boleh, kesal itu wajar terjadi. Yang tidak wajar jika perilaku kita saat menyalurkan emosi bernama kesal itu cenderung merugikan dan menyakiti diri sendiri atau orang lain. Mulai saat ini coba kita bersepakat dengan diri sendiri bagaimana menyalurkan emosi kita dengan aman sehingga kita layak disebut dewasa.

Ingat bahwa anak itu sangat peka terhadap kata yang didengar. Bukan hanya peka tapi mereka menyerap apapun yang mereka dengar.

Pesan: HATI-HATI DENGAN APA YANG ANDA KATAKAN TERUTAMA JIKA MENYANGKUT LABELLING BURUK, seperti kamu nakal, bodoh, tidak bisa, tidak akan sukses, dll. Karena bisa jadi itu doa dan terjadi betul (misalnya anak jadi benar-benar nakal).

Kenapa bisa demikian? Pada anak-anak filter otak alam bawah sadar dan sadar belum sempurna. Apa yang mereka dengar akan terserap 99 persen dan diperintahkan ke seluruh tubuh melaksanakan “pesan” dari kata yang didengar apalagi dari orangtuanya apalagi dari ibunya dimana si anak amat sangat percaya.

Jadi, alih-alih me-labeli anak dengan cap yang tidak baik lebih baik pujilah mereka, beri semangat dan pastinya tahan kata buruk. Jika sedang kesal atau emosi tarik diri sebentar. Kembalilah ke anak saat energi positif sudah mengalir.

At last but not least…

Menjadi orangtua adalah sebuah karier, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sepanjang tahun, sepanjang hidup.

Menjadi orangtua tidak ada cuti, tidak ada gaji, tidak ada bonus, tidak ada uang lembur, tidak ada tunjangan.

Menjadi orangtua juga dituntut untuk belajar, sabar, introspeksi, mau mendengarkan dan tetap senyum walau lelah.

Namun, bahagialah menjadi orangtua dan banggalah dengan tugas itu karena surat tugasnya langsung ditandatangani oleh Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: