Refleksi Tahun Baru 2017

Terompet, kembang api, nyanyian, acara tidak tidur menyambut pergantian tahun rasanya tak pernah sama sekali dalam hidup kulakukan. Ssttt… Tak perlu menunggu malam pergantian tahun, suami pulang saja sering tengah malam, akupun terbangun.

Jelaslah segala bentuk perayaan itu adahal hal yang mubazir dan tiada faedah. Murni hura-hura. Tiup terompet, menembakkan kembang api ke udara malah menimbulkan suara-suara berisik mengganggu tetangga. Iya kalau tetangganya maklum bin berkenan, kalau tidak? Apa tidak menjadi dosa kita? Bahkan ada “lelucon” yang cukup viral bertulis ‘Kalau Malaikat Isrofil ikut meniup terompet kelar hidup loe’. Hemm…

Bagiku momen tahun baru jelas bahagia karena sudah pasti tanggal merah, karena di hari Minggu maka Senin cuti bersama, berarti suami libur ngantor lebih lama. Itu saja. Lumayan lah weekend bisa bersama sehari lebih lama.

Bagiku pula momen itu menjadi perenungan semata. Bila saja dunia ini sudah bertambah usia dan Ia makin uzur. Bila apa yang Nabi Muhammad sabdakan itu benar (kalender Islam tidak sampai 1500 H) adanya maka 62 tahun ke depan paling lambat dunia akan berakhir.
Lantas, apa yang sudah kupersiapkan? Aku masih saja mencintai dunia.
Apa pula yang sudah kulakukan? Aku masih bermalas-malasan dalam hal ibadah dan banyak bersenda gurau saja.
Akankah ridho Allah ada untukku? Apakah suamiku ridho atasku? Semoga ada walau besarnya secuil batu.

Hidup di dunia yang makin kacau balau ini yang kupikirkan adalah anak-anakku. Mereka… akan menghadapi tantantan yang lebih besar dan besar lagi. Utamanya tantangan mempertahankan iman dan Islam. Akankah aku sanggup mendampingi mereka agar kuat imannya? Bahkan lebih kuat dari iman kami orangtuanya? Yaa Illahi Rabbi, sungguh kupasrahkan mereka pada penjagaanMu. Karena kami tak akan bisa menjaga sebaik penjagaan Mu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: