Watak Persit, terjemahan bebas

Seorang manusia lahir ke dunia sudah dibekali dengan bekal bawaan masing-masing. Termasuk watak.

Dalam AD ART tertulis bahwa watak seorang persit ada 3 poin. Watak menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) didefinisikan sebagai sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat. Konon kabarnya watak tidak bisa diubah, tetapi bisa dilatih hingga menuju ke arah sana. Karena tidak dapat diubah maka sewajarnya watak ini menjadi kriteria dasar bagi calon istri TNI AD ((( intermezo — Ayuseite nih maksa amat ye.. nobody perfect keles, kalau jodohnya ngga gitu-gitu kali kek mana cobak? Batal nikah? Oomak…  — ahihihi, makanya aye tadi nulis jugak kalo bisa dilatih, dikondisikan, ala bisa karena biasa, batu bisa hancur juga dengan tetesan air yang konsisten. Betul apa betul? Betul pula bahwa tiada yang sempurna di dunia. Kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Maka, kita boleh lah berdoa pada Nya supaya diberi watak yang baik? Aye juga masih belajar.. terus belajar… yang penting mah prosesnya atuh… jangan terus nyerah aje sama keadaan. Paham ye? — iyelah… lanjut…))). Mari kita bahas per poin. Sekali lagi ini terjemahan bebas, argumentasi ala empunya blog. Boleh pro boleh kontra. Sah sah saja.

1. Suci, setia, sepi ing pamrih, rame ing gawe. Artinya: seorang anggota Persit haruslah suci hatinya (bersih, lurus, tanpa niatan jahat sedikitpun), setia sifatnya (berpegang teguh pada janji dan pendirian, patuh, taat) kepada suami, TNI AD, Persit, negara, dan agama. Filosofi dalam bahasa jawa itu memiliki makna kita harus banyak “bekerja” (bukan banyak bicara apalagi bicara tanpa fakta) dengan tidak mendasarkan pekerjaan karena imbalannya.
2. Ikhlas, rela, bijaksana dan cendekia. Artinya: dalam menapaki kehidupan seorang Persit harus selalu ikhlas dan rela. Hal ini menyiratkan banyak makna. Dalam melepas suami bertugas misalnya, menjalani kehidupan yang tak sebebas merpati tentunya. Rela pula untuk hidup sederhana dan mandiri. Kita juga dituntut untuk bijaksana baik dalam pemikiran maupun perbuatan. Istilah kata, ora grusa grusu. Tidak gegabah dalam bertindak. Tidak asal bicara. Segala sesuatu dipertimbangkan dahulu masak-masak. Kalau masih mentah jangan diangkat. Ehh…
Seorang persit juga harus cendekia (menurut KBBI artinya tajam pikiran; lekas mengerti kalau diberi tahu sesuatu; cerdas; pandai; 2 cepat mengerti situasi dan pandai mencari jalan keluar (pandai menggunakan kesempatan); cerdik; 3 terpelajar; cerdik pandai )). Harus minimal sarjana gitu? Setahu saya ada syarat minimal Lulus SMA, sama seperti suaminya yang pendidikan terakhir SMA sebelum rekrut ke TNI AD entah jalur tamtama, bintara pun perwira (kecuali perwira prajurit karier yang pasti S1 dulu). Kenapa demikian? Agar ibu-ibu persit punya dasar kuat berlogika dan kematangan emosi yang baik. Karena permasalahan yang akan ibu-ibu hadapi ke depan jauh lebih kompleks. Lebih kompleks daripada menjadi keluarga sipil. Meskipun tidak menjamin juga, namun standar minimal pendidikan di Indonesia dianggap “memenuhi” jika telah menempuh setingkat SMA atau setara kejar paket C.
3. Berani dan bertanggung jawab. Berani dalam mengambil keputusan, berani bersikap dan bertindak. Anti ragu-ragu. Kalau tiba-tiba ada penjajah ya harus berani ikut angkat senjata (wuaduhhh). Paling tidak, berani sendiri di rumah saat ditinggal suami tugas. Hehe…
Bertanggung jawab artinya jelas ya, bisa dipercaya untuk melaksanakan tugas sampai tuntas dan bila ada kesalahan mau pasang badan, tidak melimpahkan tugas atau kesalahan begitu saja ke orang lain.

Demikian yang bisa saya tuliskan. Bila ada kritik, saran, dan pertanyaan amat sangat disilakan. Terimakasih sudah membaca. Teriring doa semoga Persit Kartika Chandra Kirana semakin jaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: