AD ART PERSIT KCK

2016-05-25 08.34.37《Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Istri Prajurit Kartika Chandra Kirana》

Buku ini kecil, biasa diberikan saat ibu-ibu menghadap/pengajuan nikah oleh seksi organisasi. Bila masih ada dropping maka diberi gratis, bila tidak maka harap membeli sebagai ganti uang fotokopi (sebenarnya sedikit melanggar hak cipta, tapi menunggu pemesanan itu lama sekali kalau satuan berada di ujung Indonesia entah kapan sampainya, T.T).
Meskipun kecil tapi di dalamnya sudah terdapat seluruh informasi utama organisasi Persit, aturan tertulisnya. Sedangkan aturan tidak tertulisnya hanya bisa dipelajari sambil “jalan”.

Di dalam buku ini yang pertama kali di bahas adalah masalah Lambang Organisasi. Tertulis di sana Maksud, Makna, Warna, Arti Keseluruhan, dan Penggunaan.

Selanjutnya, Anggaran Dasar. Dalam Pembukaannya, menekankan bahwa istri prajurit mutlak tidak dapat dipisahkan dari TNI Angkatan Darat, baik dalam melaksanakan tugas organisasi maupun dalam kehidupan pribadi (bisa dicek kembali artikel yang saya tulis tentang “Menikahi Persit”).

Persit dibentuk dengan didorongkan oleh keinginan luhur untuk meningkatkan perjuangan dalam wadah organisasi, berasakan Pancasila dan UUD 1945 serta tetap membina terjalinnya: persatuan, kesatuan, persaudaraan, serta kekeluargaan juga rasa senasib, sepnanggungan serta seperjuangan sebagai istri prajurit. Kiranya, bila semua anggota memahami benar dan melaksanakan sepenuh hati apa yang termaktub di Pembukaan Anggaran Dasar ini saja pasti Persit akan amat sangat solid sekali.

Persit Kartika Chandra Kirana berada sejajar dengan Jalasenastri (istri TNI AL), Pia Ardhya Garini (istri TNI AU) dan IKKT (Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI) Pragati Wira Anggini di bawah naungan Dharma Pertiwi.

Anggaran Dasar memuat Nama, tempat, waktu, kedudukan, asas, tujuan, tugas pokok, keanggotaan, kepengurusan, musyawarah dan rapat, pembina dan penasihat, rencana kerja, keuangan, perubahan anggaran.

Anggaran Rumah Tangga mengatur tentang Keanggotaan (anggota biasa dan luar biasa), hak dan kewajiban anggota, pemberhentian, kepengurusan -dijabarkan dari pusat sampai daerah-daerah, penjabaran urusan-urusan per satuan kerja, kedudukan satuan-satuan kerja, masa kerja, tugas dan tanggung jawab pengurus, rapat, dan hal keuangan.

Di halaman belakang tercantum pula lagu himne dan mars Kartika Chandra Kirana.

Mari kita bersama-sama mempelajari, memahami, dan menghayati kembali Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi tercinta kita ini. Agar kita betul-betul paham sehingga tidak akan menyalahkan si paham (salah paham, red) ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: