Resume novel: Hujan

-Intro:

Novel ini berlatar belakang kehidupan masa jauh ke depan. Kehidupan yang diperkirakan amat sangat super modern. Bahkan ingatan buruk bisa dihapus. Sepertinya pengobatan atas depresi yang cukup instan. Dan bisa membuat orang mudah untuk lari. Ya.. lari dari kenyataan.

Kiranya begitulah yang akan dilakukan oleh salah satu tokoh sentral di novel ini. Namun di detik terakhir alat akan dioperasikan ia mengambil keputusan yang jauh berbeda dari niat awal. Ia tersadar di menit terakhir.

Novel ini diklaim menceritakan tentang persahabatan, cinta, perpisahan, melupakan dan hujan itu sendiri. Tapi menurutku Tere Liye hanya menyampaikan satu pesan utama. Bahwa kita harus “menerima” alias ikhlas atas qada dan qadar Allah alias takdir.

-Resume:

Adalah tokoh Lail dan Esok yang saling menyayangi seketika setelah bencana alam dahsyat menghancurkan tatanan hidup di millenium baru. Lail memiliki sahabat bijak, Maryam. Keduanya terjun ke dunia relawan hingga bersekolah bersama di Akper dengan kredibilitas baik. Sementara Esok mempersiapkan sebuah bahtera laksana kapal Nabi Nuh untuk menyelamatkan manusia pilihan dari “kiamat”. Esok memilih tinggal di bumi. Memilih “bahagia” di sisa waktu yang ada.

-Nice Quotes:

1. Bukan seberapa lama umat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagiaan, tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat semua hal menyakitkan yang pernah mereka alami (317).

2. Bukan melupakan yang jadi masalahnya. Tapi menerima. Barangsiapa yang bisa menerima, maka dia akan bisa melupakan, hidup bahagia (318).

3. Ada orang – orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati saja, tapi tidak tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini selalu ada misteri yang tidak bisa dijelaskan. Menerima dengan baik justru membawa kedamaian (255).

4. Kenangan sama seperti hujan…. (201)

20160425_204729

Silakan membaca lebih lanjut di novel Hujan dan temukan quotes favoritmu… 😊

1 Comment (+add yours?)

  1. virlani
    May 09, 2016 @ 14:56:06

    mantapppp…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: