Mobil Organisasi

This slideshow requires JavaScript.

Aku masih ingat sekali semasa aktif di OSIS dulu Bapak selalu mengingatkan bahwa motor organisasi adalah pada sekretaris, bukan ketuanya. Kupikir saat itu Bapak hanya membesarkan hatiku saja karena setiap kali masuk ke kepengurusan OSIS 3 periode dari jaman SMP selalu jadi sekretaris. Tukang ketik kalau kataku.

Baru benar kupahami dan kuiyakan apa yang Bapak sampaikan saat bergabung di organisasi yang lebih besar, Persit Kartika Chandra Kirana tingkat Cabang. Pada awal bergabung aku yang awam ini langsung masuk di Sekretariat menjadi ketua sekretaris membawahi 2 urusan, tata usaha dan rumah tangga (urusan dalam). Rupanya Ibu Ketua Cabang yang bagiku sangat kalem dan keibuan meski tidak dikaruniai putra/i memahami gelagatku yang kurang suka. Beliau sama seperti Bapak, meyakinkanku bahwa menjadi sekretaris adalah sebuah kebanggan dan merupakan pintu masuk ke dalam suatu organisasi. Dengan menjadi sekretaris kita akan tahu seluk beluk organisasi. Ah, masa iya? Pikirku saat itu. Dengan senyum dan gaya khas nya Ibu Ketua menjelaskan bahwa sekretaris adalah penggerak organisasi. Ia adalah pihak yang paling dekat dan seyogyanya paling dipercaya oleh pimpinan karena dialah “penguasa” sekretariat, surat-surat dan segala hal yang berhubungan dengan luar dalam organisasi. Bersama seksi organisasi, sekretaris adalah pokok penting dalam menggerakkan “pemerintahan”. Ehh… organisasi maksudnya. Dari detik itu aku bangga jadi sekretaris meskipun lebih dekat kepada definisi tukang ketik dan pesuruh. Ehh…

Benar saja, dengan masuk menjadi sekretaris aku belajar banyak tentang organisasi dan menjadi dekat dengan Ibu Ketua, selalu diajak jalan jalan… Ehh…

Dari situ aku mengerti bahwa organisasi persit Kartika Chandra Kirana digerakkan oleh seksi-seksi:

1. SEKSI ORGANISASI

Hampir selalu diketuai oleh Istri Perwira paling senior, membawahi urusan organisasi dan personalia, urusan penerangan. Tugas seksi ini mengawal pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) yang entah mengapa pembuatannya selalu berkendala, tidak semudah KPI ( Kartu Penunjuk Istri) yang dibuat lewat staf 3/Pers dinas suami. Selain mengurus KTA juga selalu berhubungan dengan anggota lebih dekat karena di seksi inilah biodata dan foto anggota tersimpan. Seksi ini juga mengurusi tetek bengek acara upacara serah terima jabatan mulai dari berita acara sampai gladi bersih pelaksanaan. Mulai dari memilih pembawa acara sampai melatih pembaca doa. Mulai dari nata kursi sampai nata bendera dan meja. Selain upacara serah terima jabatan seksi ini juga mengurus tata letak dan keberlangsungan acara pertemuan anggota. Oleh karena itu seksi ini dibekali buku sakti: BUKU PETUNJUK PELAKSANAAN atau kita kenal dengan Juklak dan AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga)

2. SEKSI EKONOMI

Membawahi 3 urusan: usaha, koperasi simpan pinjam, dan bantuan modal usaha. Sudah pasti berkutat dengan uang dan uang. Keriting sama pembukuan debet kredit yang di repeat di buku buku berbeda biar gampang krosceknya. Oleh karena itu seksi ini dibekali buku sakti juga: BUKU PETUNJUK ADMINISTRASI KEUANGAN alias jukminku yang dipelajari dan dipegang bersama Bendahara.

3. SEKSI KEBUDAYAAN

Membawahi urusan budaya, pendidikan anggota dan pembinaan mental/agama (bintal). Jelas seksi inilah yang menggerakkan ibu-ibu untuk berkeringat dan berkreasi. Mengawal kegiatan ibu-ibu sehari hari. Paling seru kegiatan di batalyon. Ada volly, senam, pengajian, kasti, menari, ketrampilan dll yang dilakukan tiap hari kecuali rabu, sabtu dan minggu. Kalau di sat ter biasanya kegiatan 1 sampai 2 minggu sekali. Di sat dik menyesuaikan, di staff umum persitnya tidak ada kegiatan. Begitulah seninya kalau suami dinasnya pindah-pindah ya.. hehe.. seksi ini tidak punya buku sakti hanya badan yang sakti aja… Ehh..

4. SEKSI SOSIAL

Membawahi urusan beasiswa, kependudukan-KB, warakawuri-anak yatim-cacat. Seksi ini sok sial banget. Ehh… gimana enggak? dapet uang dibagi-bagi, sukanya bikin makanan dibagi bagi… hehe.. tugasnya emang gitu kalii.. seksi ini diserahi tugas yang cukup mulia bukan? Mempunyai tanggung jawab penuh pada penyelenggaraan Posyandu sehingga seksi ini dibantu oleh kader yang dipilih¬†dari ibu-ibu anggota non pengurus. Selayaknya posyandu biasa, di lingkup asrama posyandu diadakan sebulan sekali beriringan dengan BKB (Bina Keluarga Balita) yang juga dibantu oleh kader-kader. Selain itu tugas seksi ini mengawal bila ada kunjungan pada ibu-ibu anggota yang sakit diri atau keluarganya, kemalangan dan lain-lain termasuk kunjungan kepada yang menikah. Seksi ini dibekali oleh hati yang ikhlas dan so sweet… Ehh… Daann disinilah aku sekarang… ^___*

5. Bendahara

Jelasssss mengurusi keuangan organisasi yang bersumber dari bantuan pembina dan iuran anggota serta dikeluarkan untuk keperluan organisasi seperti pembelian ATK, dan lain lain. Seksi ini dibekali buku yang sama dengan Seksi Ekonomi serta jiwa yang tangguh karena bekerja sendiri tanpa anggota… Ehh…

6. Sekretaris

Seperti dijelaskan sebelumnya. Sekretaris adalah seksi tersibuk karena mengurusi senua dokumentasi dan pelaporan. Seksi ini dibekali buku PETUNJUK ADMINISTRASI UMUM (Jukminu).

Selain itu semua, kepengurusan ditambah lagi oleh Pengurus Yayasan yang mengawal jalannya Paud dan TK Kartika dibawah asuhan Yayasan Kartika Jaya. Diketuai oleh Ketua Cabang, dibantu oleh bendahara dan sekretaris beserta guru guru Paud dan TK.

Dengan total kurang lebih 24 personil, pengurus organisasi selalu bersinergi untuk menjalankan mobil bernama organisasi. Dimotori oleh Sekretaris dan Seksi Organisasi, disetir oleh Ketua didampingi navigator wakil ketua dan seksi-seksi yang lain sebagai roda, organisasi Persit KCK siap membawa penumpang (anggota-anggota) ke arah yang lebih baik dan sejahtera. InsyaAllah. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: