Perbedaan Hari Raya Iedul Adha

Sudah berulang kali sejak jaman reformasi hal ini terjadi. Tidak hanya antara Muhammadiyah-NU. Namun juga ormas Islam minoritas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aku bukan ahli agama. Bukan aktivis ormas Islam. Bukan pula politisi yang bermuatan. Apalagi pengamat pemerintahan.

Aku hanyalah satu dari penduduk Indonesia yang menyayangkan ketidakbersamaan ini.

Memang, semua sudah digariskan. Akan tiba masa kelompok-kelompok Islam memecah diri dan sok menjadi berbeda. Padahal sejatinya kebersamaan itu lebih utama.

Mengapa tiada pembahasan diantara para pemimpin dan tokoh-tokoh agama yang menentramkan? Mengapa tiada satu titik temu keputusan? Mengapa semua bersitegang? Mengapa tiada yang mengalah untuk menang?

Memang, kecenderunganku terhadap keputusan-keputusan lebih condong ke salah satu ormas. Namun, bukan fanatik. Fanatisme itu memecah belah. Fanatik boleh dalam hati terhadap Islam. Tidak untuk ormas.

Allah saja tidak mempermasalahkan tentang ijtihad. Yakin bahwa Allah lebih ingin ummat bersatu bukan saling menggerutu.

Yah… namanya juga sudah digariskan demikian. Saatnya untuk berbeda. Namun besar harapan untuk tidak saling menjatuhkan. Tidak saling memojokkan. Marilah saling menghormati dan menghargai adanya perbedaan. Karena memang demikianlah takdir yang digariskan.

Tidak usah merasa paling benar. Salah atau benar urusan Allah. Kita hanya ijtihad. Surga atau neraka itu hak Allah. Kita hanya berkewajiban mengharap ridhoNya. Kalau Allah menakdirkan kita masuk neraka padahal menurut kita ijtihad kita sudah sangat maksimal.. sudah sangat bagus.. memangnya bisa protes?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: