Catatan Magang part 3

3. Cor Pulmonale Chronicum

Ilustrasi kasus: pasien laki-laki usia 56 tahun datang dalam keadaan sesak napas dan batuk.  Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum sesak napas, gelisah, dan berkeringat. VS tekanan darah 170/90 mmHg, nadi 92 x/mnt, t 38 derajat Celcius, respirasi 28 x/menit. Pada pemeriksaan thorax retraksi infraclavicula dan substrenal, sela iga melebar, sonor, batas jantung tak melebar, RBK (+/+). Pada pemeriksaan abdomen tidak ditemukan kelainan. Ekstremitas tidak tampak udem. BAB-BAK tidak ada keluhan. Pasien biasa kontrol di RSU dengan keluhan yang sama tapi tidak separah sekarang sejak 1 tahun yang lalu. Pasien diakui keluarganya suka merokok dan habis lebih dari 1 bungkus sehari sudah lebih dari 20 tahun, baru berhenti kira-kira 1 tahun yang lalu sejak ada keluhan. Kebetulan pasien ini pasien yang sejatinya akan kuambil presentasi kasus karena pada saat masuk didiagnosis dengan pasti oleh dokter penyakit dalam yang me-refer sebagai HHD (hypertensive heart disease) untuk dirawat, sehingga tidak dilakukan diagnosis ulang di UGD dan segera diberikan terapi sementara, yaitu Oksigenasi 2-3 lpm, furosemide 1×1, retaphyl 1×1, levofloxacin 1×1, methylprednisolon 3×1, salbutamol 2×1. Pemeriksaan EKG dan Ro thorax aku heran juga kenapa tidak dilakukan, sepertinya kalau sampai tidak pasien mengaku sudah dilakukan kurang dari seminggu ini dan bisa ditebak hasilnya tertinggal di rumah… Aku baru melihat pasien 2 hari kemudian di bangsal dengan keadaan yang jauh lebih baik, dan tanpa obat2 hipertensi. Diagnosis pun berubah menjadi PPOK eksaserbasi akut DDx. CPC.

Pada saat anamnesis ulang  dan pemeriksaan fisik follow up aku sempat kebingungan karena aku sudah yakin pasien ini HHD sehingga data yang harus kulengkapi sudah kupersiapkan untuk HHD. Jadi aku malah ngobrol2 sama pasien dan tenyata sudah bisa diajak bercanda. Batal jadi pasien presus karena diagnosis hipertensi tidak tegak (kebetulan kasus yang harus kucari tentang hipertensi dan manifestasinya).

Baiklah, biar nggak keliru lagi aku belajar tentang CPC (cor pulmonale chronicum).

Istilah Pulmonary Heart Disease (salah satunya disebut Cor Pulmonale) merujuk pada disfungsi kardia yang berasal dari perubahan struktur dan fungsi paru. Dikarenakan paru berkorelasi dalam sirkuit kardiovaskuler antara ventrikel kanan dengan bagian kiri jantung, perubahan pada struktur atau fungsi paru akan mempengaruhi secara selektif jantung kanan. Patofisiologi akhir yang umum yang menyebabkan kor pulmonale kronis (CPC) adalah peningkatan kronis dari resistensi aliran darah melalui sirkulasi paru dan mengarah pada hipertensi arteri pulmonal (Pulmonary Arterial Hypertension/PAH). Meski kelainan paru yang menyebabkan kor pulmonale dapat diklasifikasikan dalam berbagai macam, namun pembahasan kita adalah klasifikasi berdasarkan mekanisme yang meningkatkan resistensi vaskuler paru (Pulmonary Vascular Resistance).

Pada anamnesis hal-hal yang dijumpai antara lain sesak napas, dada berdebar-debar, edema tungkai, gangguan GIT (sebah, perut membesar), riwayat batuk lama dan batuk darah, riwayat sesak sebelum, dan riwayat merokok lama. Pada pemeriksaan didapatkan:

  • tanda disoksigenasi: dada emfisematous (barrel chest), jari tabuh (clubbing fingers)
  • tanda decompensatio cordis kanan: JVP meningkat, RVH, hepatosplenomegali, udem tungkai dan ascites
  • adanya kelainan di paru: ronkhi

Apa maksudnya dada emfisematous?

  • jarak linea midclavicula (LMC) dextra-sinistra hampir sama atau lebih kecil dari jarak antara LMC dan linea axillaris media
  • intercostal (sela iga) melebar
  • pekak hati turun
  • hipersonor

Planning: Laboratorium lengkap, EKG, Ro thorax

Tatalaksana:

  • bed rest total 1/2 duduk
  • oksigen 2-3 lpm
  • lasix 1×1 pagi
  • aminophyllin injeksi
  • antibiotik profilaksi, bisa diberikan Ampicillin 1gr/8 jam.

to be continued…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: