Anestesi….

Stase sebelum akhir yang jadi “beban” stase sedang kecil, bukan karena materi yang lebih sulit tapi karena besarnya stressor operasi (berhubungan dengan nyawa bow…) dan juga beban jaga malam. Masih ada hal lain yang lebih menjemukan, pembimbing yang moody dan suka “ngerjain”.

Di minggu pertama masuk, hari pertama aku dapat giliran jaga malam, Alhamdulillah sepi, tak ada pasien operasi malam-malam.

Hari pertama kami ditentir tentang macam-macam anestesi dan obat-obatnya. Oleh penata kami diajari teknis operasional di ruangan. Walhasil kami segera mahir mengurus laporan anestesi dan memberikan premedikasi hingga induksi.

Di minggu kedua kami diajari memasukkan ET (endotracheal tube) pada pasien dengan anestesi umum. Karena kasus dengan anestesi umum tidak begitu banyak pekan ini, kami baru mengerjakan masing-masing 1. Lebih banyak sectio caesaria yang masuk ruang operasi dan itu berati lebih sering menggunakan anestesi regional.

Presentasi kasus kami ajukan di minggu kedua ini. Masih hutang referat yang semestinya bisa diselesaikan sebelum ujian minggu ke-3. Banyak operasi di minggu terakhir kami ini. Semoga diberi cukup waktu untuk menyelesaikan stase.

Apa yang kudapat di anestesi? Aku mendapat ilmu tentang obat-obatan di ruang operasi untuk me”mati suri”kan seseorang dan membangunkannya lagi. Aku juga jadi tahu obat-obat emergensi yang harus segera saat kondisi gawat. Resusitasi jantung paru yang dulu pertama kali kupelajari saat ekstra kurikuler SMA jadi makin paham, dengan beberapa perbedaan operasional.

Kesan selama di anestesi cukup menyenangkan. Cukup memberikan hal yang dinamis dalam kestatisan tugas.

Di akhir pekan minggu terakhir, salah seorang sahabatku menikah. Semoga barokah… Amiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: