Week Three in Psychiatry…

DAY 1 hmmm tak terasa sudah awal minggu ke-3, artinya minggu depan adalah minggu terakhir sebelum ujian. Hari ini pp jogja-magelang karena besok ke purworejo. Tidak begitu capek karena teman ada yang bawa mobil. Pulang dari magelang mampir ke rumah teman, lalu bareng ke RSGM… Tambalanku yang bermasalah akhirnya lepas saat diperiksa dan ditambal ulang. Kontrol minggu depan terutama karena masalah TMJ (temporo mandibular joint) yang kuhadapi akibat kebiasaan ngunyah satu sisi dan bruksisme kalau tidur.

DAY 2 Berangkat agak siang. Hanya poli saja di purworejo. Dokternya gaul abis… Banyak joke yang beliau keluarkan baik pada pasien maupun saat nentir kami. Pria oversek (over seket maksudnya..) itu sepertinya lebih suka membicarakan politik yang rumit jadi bahan tertawaan kami semua. Beliau juga bilang banyak data misalnya merokok mengurangi hidup manusia 8 menit dan yang lebih menderita tentunya perokok pasif (heraaan sampai kapan mereka berhenti mendzolimi diri sendiri dan orang lain ya? Hate that!!). Beliau juga mengajari cara membaca mimik seseorang (tapi lebih recommend beli bukunya deh…hehe…) paling gampang lihat pupil, kalau orang sedang senang otomatis pupil akan melebar sedangkan jika sedih sebaliknya, menyempit (njuk piye le arep ndelokke yo? Pake senter po yo? Hehe…), lalu reflek cewek kalau tidak suka terhadap seseorang yang ngajak ngomong pasti mlengos. Hmm…ga tau juga si teman, perlu kroscek lagi sepertinya. Okelah pasien ada 5 pada stress kabeh, ada yang stress pasca trauma, ada yang depresi campur cemas, dll (dan yang lain lupa…xixixi). Pada dasarnya hal-hal yang membuat stress ada 4 yaitu tekanan, frustasi, konflik, dan krisis. Penyebab utama depresi adalah lost of love object (bisa orang terutama pasangan hidup, rasa sayang, cita-cita, materi). Setiap orang pasti pernah mengalami, tapi respon tiap orang beda karena daya tahan mental yang beda juga (akibat pola asuh dan lingkungan, gold time-nya 0-7 tahun), besarnya stressor tersebut, lamanya stressor mempengaruhi. Nha daya tahan mental itu juga perlu latihan. Sama halnya dengan sakit fisik, butuh imunisasi. Tiap orang butuh mengalami kegagalan, kekecewaan, kesedihan agar bisa “coping” jika ada masalah yang senada pun lebih besar. Karena respon tiap orang beda sesuai dengan pribadi, pola pikir, dan pengalaman masing-masing maka penanganan masalah tidak bisa diterapkan mutlak sesuai teori seseorang. Dan akhirnya tiap orang punya teori-nya sendiri-sendiri. Bisa jadi adu argumentasi bin debat. Ho..ho… Baiklah-baiklah, selesai poli jam 11 langsung pulang ke jogja. Sampai jogja jam setengah satu siang, mampir makan dulu. Yummy… Sampai…pegang laptop menyelesaikan tugas presentasi kasus. Besok back to magelang…^^

DAY 3 Rabu pagi… Capek juga setelah jalan sama adik malamnya. Mana keujanan pula. Sampai terminal jam setengah enam. Menunggu teman tak kunjung datang. Karena jam sudah menunjukkan pukul enam WIB, mustahil bisa sampai magelang jam 8 kurang. Alhamdulillah malah dapat tebengan teman yang diantar. Telat membawa hikmah judulnya. Hehe… Hari yang sibuk dengan tentiran 3 orang dokter dan konsul presus yang sudah kami buat. Hmmm, ni dokter pembimbing ketus amat sih ya? Karena jubir-nya aku yang kena ketus-an yo aku… Sabaaaarr…. besok minta diskusi pula pagi-pagi…. Pulang sudah jam 1 lebih. Makan, belanja buat masak and let’s go home… Sampai dah jam 2an. Huummm ngantuks, ga bisa tidur gara-gara migrain kambuh. T.T DAY 4 07.30 janjian sama dokter pembimbing. Waktu kroscek jam 07.20 via telpon, sang dokter memberitahu kalau beliau sudah standby di rsj. Whaaaa keduluan, brak bruk brak bruk berangkaaat…! Sampai sana personil belum lengkap, heboh telpon sana-sini. Fyuuuh… Akhirnya sampai yang ijin telat pun sudah datang diskusi belum mulai. Baru jam 08.00 dimulai. Srat sret srat sret coretan bergores di makalah kami. Yang paling kuingat komentar beliau, “apa ini dek grafiknya kayak pocong,” wahahahaha..setelah diamati memang demikian. Jadi ngakak sendiri (dalam hati) menertawakan yang buat (aku, red). “segera dibenahi ya, nanti konsul lagi. Lakukan wawancara lagi,” well, itu artinya perintah untuk home visit ULANG!! Alhamdulillah mood beliau baik hari ini. Dapat pinjaman buku dan soft copy beberapa materi. ^^ dan yang paling membahagiakan, karena koas jiwa dah bejibun, kami yang (merasa) senior kabur dari TKP cari ilmu. Ya Rabb, maafkan kami… Presus bikin pusing jew.. Ga mood ketemu or-gil. Otomatis sudah 4 hari tidak masuk dan jaga UPI. Miss that moment…he…

DAY 5 Oh, cepatnya hari berlalu. Sudah mau hari minggu. It means minggu depan minggu TERAKHIR. Hukz… Segera meninggalkan Magelang dan balik Wonosobo the home base… Ingin cerita tentang Magelang. Beberapa kali ke kota ini rasanya sudah suka. Bahkan, terakhir kali main dulu (belum tahu bakal ada koas di sini) bersama the divker’s, sudah fall in love sama Magelang. Pernah berpikir untuk stay, nggak tahu juga kenapa, suka saja…hehe… Kota selanjutnya yang kusuka adalah Kebumen. Panas tapi dekat pantai. Love it. Tentunya keduanya tak bisa mengalahkan Ngayogyakarta Hadiningrat di hatiku. Selalu ada tempat untuk kembali ke Jogja. Hehee.. Wah, kok jadi bahas kota ya…back to day 5…, rasanya malah soul “jiwa” menghilang, piye iki? Meh ujian malah nggleyor. Makin hari makin ga jelas saking tambah banyaknya kode yang harus dihapal beserta dx-nya. Humpf… Hari ini nggak masuk (lagi) untuk ikut visite. Malah kabur ke borobudur untuk home visite ulang karena kejar tayang jam 2 siang harus sampai wonosobo. Ini tentang pemakaman pakdheku… (kuceritakan pada segmen sendiri). Sungguh, hari disforik dan melelahkan. Besok back to Jogja without my bro there… Humpf…

DAY 6 The very last day in this week. So much to do and finish. Menyambut minggu depan……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: