Ternyata di Kota pun ada….

Saat aku berkunjung ke beberapa rumah di pelosok Bantul aku sempat tertegun, masih ada keluarga yang sangat sangat sederhana di sana. Kadang hati kecilku masih tak terima, apa sebab mereka masih begitu tertinggal hingga anak-anaknya gizi buruk? Bahkan mereka pun tidak pernah berpikir untuk berhenti “membuat anak”. Jika diberi ya sudah mau bagaimana…. Seperti itu jawab mereka sambil tersenyum. Keluarga berencana? Program itu nampaknya belum merasuk ke jiwa masyarakat seperti mereka. Lama-lama aku memaklumi, wajar, mereka tak tahu…tugas besar buat kita yang tahu agar mereka bisa paling tidak tahu, syukur Alhamdulillah jika sampai bisa bangkit dan berkembang, to grab a bright future….

Dan ketika aku menginjakkan kaki di masyarakat kota, masih banyak tantangan yang tak kalah beratnya. Subhanallah….pemukiman padat penduduk, di bantaran sungai…. Seperti inikah Jogja? Bagaimanakah dengan Jakarta? Mereka yang mengadu nasib di kota demi mengirimkan sekeping uang pada saudara di desa, ada pula yang memang tidak punya pilihan lain selain tinggal di tempat seperti itu. Indekos di tempat yang sama sekali tak layak, kumuh, jorok…. Ya Rabb…. Sungguh hati ini menjerit, miris, dan menangis. Apa yang bisa kulakukan? Hanya itu yang selalu kupikirkan. Adakah hal yang bisa kuperbuat untuk membantu mereka? Dan jika semua itu hadir dalam pikirku aku hanya bisa mengucap syukur tak terhingga bahwa aku masih hidup serba cukup.
Memang benar bahwa kita harus selalu melihat ke bawah agar bisa bersyukur dan melihat ke atas agar tidak sombong. Bahwa masih ada yang lebih baik dan masih ada pula yang jauh serba kurang dari kita. Ya Rabb…beri kemudahan untuk itu….

Di kota pun ada hal yang sangat kontradiktif dengan pesatnya perkembangan jaman… Jangan-jangan di sekitarku, lingkungan di dekatku ada juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: