Khazanah…

Teman-teman yang dirahmati Allah, Senin pagi sebagai teman makan pagi aku lihat tivi, ada pengajian tentang keluarga. Hmmm… saatnya berpikir tentang itu…

Keluarga adalah suatu ikatan hubungan yang terbentuk dari pernikahan dan selanjutnya berkembang biak. Membentuk keluarga yang mawaddah, warahmah, dan sakinah adalah visi setiap pernikahan. Namun bukan mudah untuk mewujudkan, butuh sinergi dari kedua belah pihak dan waktu pencapaiannya bervariasi. Kalau kita amati di sekeliling kita tipe keluarga ada 3 macam, yaitu:

1. Keluarga “kuburan”

maksudnya dalam sebuah keluarga yang tidak ada keharmonisan di dalamnya, kesannya dingin, sepi, dan kaku. Misalnya suami bekerja pulangnya malam. Sang istri juga punya kesibukan sendiri. Saat pulang sudah sama2 capek dan masa bodoh. Dalam rumah yang besar, mewah dan serba ada mereka tidak menemukan kehangatan, pun orang yang melihat istana itu menganggap keluarga yang hidup di dalamnya sangat bahagia. Biasanya dalam keluarga ini tidak didapatkan cahaya Islam dan penerapan nilai-nilainya.

2. Keluarga “gemerincing”

kebalikan tipe pertama, keluarga jenis ini sangat ramai karena penuh adu mulut, pertengkaran, bahkan KDRT. Semuanya temperamental dan penuh emosi, tidak ada yang mau mengalah. Ibaratnya, batu ketemu batu, kalau digesek timbullah api yang membahayakan diri mereka masing-masing. Biasanya dalam keluarga seperti ini tidak mengenal kompromi, demokrasi, hanya ada mau menang sendiri. Suami bukanlah imam yang baik dan istripun bukan kategori sholehah..

3. Baiti jannati…

Dalam keluarga ini penuh keromantisan dan harmonis. Saling mengingatkan dalam kebaikan, selalu bersabar serta syukur dan ikhlas dalam menyikapi rejeki yang diterima. Keluarga seperti ini menganggap rumahnya adalah surganya dimana di dalamnya hidup suami sebagai imam dan teladan yang baik, istri sholehah dan anak-anak yang menyejukkan hati. Shalat jamaah, tadarus Qur’an menjadi kegiatan wajib yang menyenangkan. Semoga keluarga kita seperti demikian. Amiin yaa Rabb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: