IKM….(part 3)

Mikir buat laporan kasus. Alhamdulillah kerja tim. Laporan ini semacam penelitian mini gitu. Jadi kami disuruh ambil sample dan kontrol pula untuk diolah datanya dan diharapkan bisa memberikan saran dan solusi pada puskesmas untuk permasalahan kesehatan yang dilaporkan. Sibuk deh cari masukan sana-sini. Dengan alaminya aku jadi koordinator. Biasalah yang paling “sepuh”. Haiyaaaahhh….

Akhirnya dengan berbagai alasan dan dalih penentuan prioritas masalah dengan matriks kami sepakat GIZI BURUK. Dengan diplomasiku yang acak adut dosen pembimbing setuju dengan argumenku yang totally brain storming. Hooohoo… Tumben aku bisa semeyakinkan itu lho teman…. Give aplaus… Hihihi…

Akhirnya terpilihlah 10 besar sasaran kami. Minggu pagi jalan-jalan keliling Kasihan..jadi tahu kalau Bantul itu luaaaaasssss. Kami berlima dibagi jadi 2 kelompok kecil. Ada yang 2 orang dan 3 orang. Timku dapat jatah home visit ke 5 anak yang gizi buruk untuk ambil data dan penyuluhan. Rute 1 kami, trio kwek-kwek, menuju ke arah kalirandu lumayan sering nyasar. Lanjut ke karangjati, tirto, dan salakan (perbatasan Sleman). Bener-bener kecamatan Kasihan emang masih banyak yang bikin kasihan. Bagaimana tidak masih banyak yang rumahnya kecil sedangkan penghuni bejibun, rumah di tengah hutan dan bukit jauh dari peradaban, nggak kebayang gimana di luar Jawa yaa…? Kenapa pembangunan Indonesia sulit merata dan kemiskinan sulit dientaskan? Andainya punya uang dan membantu mereka juga tidak akan mendidik, aku cuma bisa “ndomblong” dan trenyuh. Apa yang bisa kulakukan untuk membantu? Tapi tahukah teman mereka tetap menyatakan mereka bahagia. Subhanallah.

Lesson: melihatlah ke bawah agar selalu bisa bersyukur dan menyadari bahwa masih banyak yang butuh uluran tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: