Jangan Percaya tetapi jangan pula Meragukan Seseorang…

Kalimat yang simple tapi sulit sekali diaplikasikan. Sebuah pesan untuk seorang calon pemimpin. Bagaimana bisa kita tidak percaya tapi juga tidak meragukan?

Menurutku, maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa sebagai seorang pemimpin, minimal pemimpin diri sendiri kita harus kuat dan berpegang teguh pada prinsip. Prinsip hidup dapat diaplikasikan dengan tujuan hidup yang memberi arah perjalanan kita. Sebagai muslim, jelaslah tujuan hidup adalah ibadah dan menjadi khalifatullah demi meraih surga-Nya. Pencapaian tujuan hidup seseorang dengan yang lain tentulah berbeda. Hal ini bisa dianalogikan dengan naik kendaraan. Masing-masing kita mengemudikan kendaraan kita masing-masing, misalnya sama-sama menuju puncak gunung. Nah, jalan yang dipilih oleh tiap-tiap sopir bisa jadi beda dan waktu perjalanan yang ditempuh juga beda-beda. Ada yang melewati jalan mulus dan berliku, ada pula yang melewati jalan berbatu dan berliku. Adakah yang melewati jalan lurus dan mulus untuk menuju puncak? Bisa dipastikan tidak ada. Kalau tak mau melewati aral melintang dan berliku jangan menuju “puncak”. Semakin tinggi tujuan kita semakin banyak liku-liku yang harus dilewati. Bisa jadi kita tersesat dan terjebak atau mungkin ada halangan seperti remnya ‘blong’, tetapi jangan pernah takut dan menyerah untuk mencari kembali jalan menuju tujuan kita.

Di dalam perjalanan kita menuju puncak, bisa saja ada yang menumpang dalam mobil yang kita kendarai. Bagaimana sikap kita terhadapnya? Jika kita terlalu mempercayai apalagi dengan hati bisa terjerumus kita dalam emosi namun salah juga jika dalam satu kendaraan kita tidak saling bersinergi. Makanya, tidak mempercayai namun tidak meragukan kapabilitas adalah pilihan yang bijaksana, sehingga tidak ada kata meremehkan dan ingin menjatuhkan.

Bagaimana pendapat kalian?


8 thoughts on “Jangan Percaya tetapi jangan pula Meragukan Seseorang…

  1. Kepercayaan adalah sesuatu yang priceless… unvaluable..
    sehingga sesungguhnya apabila kita memeberikan kepercayaan kepada orang lain itu lebih sangat bernilai dibanding memberikan jutaan rupiah..

  2. mm.. nice.. selama ini saya terlalu mudah percaya (.. yah gimana lagi, saya orang lurus dan lugu hahaha) dan hasilnya .. bervariasi, kadang manis kadang pahit

  3. Tidak percaya tapi tak juga meragukan kapabilitas seseorang?!!!..berarti ngambang donk critanya..Tapi,kayaknya perlu diterapkan bila kita berhadapan dengan kolega baru,asal jangan terkesan milih2 aja sich…

Leave a comment